twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 27 Oktober 2019

Dari Final Exam di Kitchen Pastry Graha Tristar Surabaya - Tim Juri Apresiasi Blueberry Mousse Cake with Shinie Mirror Glaze, Cake Hasil Kreasi Jerry Rio Prakoso

Dari Final Exam di Kitchen Pastry Graha Tristar Surabaya

Tim Juri Apresiasi Blueberry Mousse Cake with Shinie Mirror Glaze, Cake Hasil Kreasi Jerry Rio Prakoso

SEBANYAK 18 Mahasiswa Pastry Akpar Majapahit Kelas Siang Semester I yang dibimbing Dosen Pengajar Pastry Class Chef Renny Savitri M.Par., telah mengikuti ujian praktik secara individual yang mengangkat bertema Cakes Creation. Final exam tersebut dihelat selama tiga hari di Kitchen Pastry 3, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, mulai Rabu (26/06/2019) hingga Jumat (28/06/2019).
Agenda final exam hari terakhir, Jumat (28/06/2019) pagi itu diikuti tujuh mahasiswa Pastry Class. Mereka diberikan kebebasan untuk mengangkat kreasi cakes dengan tampilan kekinian senyampang semuanya sesuai tema yakni Cakes Creation.
Ujian praktik hari terakhir itu diikuti Aditya Yunan, Jerry Rio Prakoso, Khoirunnisa Cahyana, Ricky Alfius, Septian Hadriatmo, Sherina Novitasari dan Zikri Sagit Prakasa Putra. Mereka tampil all out sejak persiapan hingga finishing produk cakes hasil kreasinya masing-masing di Kitchen Pastry Graha Tristar Surabaya.
Selama ujian berlangsung di Kitchen Graha Tristar, Jumat (28/06/2019) pagi, Aditya sapaan akrabnya, berusaha tampil serius demi menyiapkan kreasi cake kekinian yang bertajuk Fermented Cassava Cake. Sedangkan Jerry fokus membuat cake yang diberi titel Blueberry Mousse Cake with Shinie Mirror Glaze.
Selanjutnya Khoirunnisa tampil antusias demi menyiapkan cake kreasinya yang diberi nama Foult Line Cake with Rock Sugar Candy. Begitu juga dengan Ricky, berupaya keras membuat cake andalannya dengan mengusung tema Strawberry Lemon Pound Cake.
Sementara itu, Septian, berkonsentrasi penuh ketika menyiapkan bahan-bahan umtuk membuat cake unggulannya, yang diberi nama Martabak Sweet Cake with Caramel Sauce
Tak mau kalah dengan rekannya, Sherina, juga berupaya keras untuk menyiapkan kreasi cake kekinian yang bertajuk Red Velvet Cake. Terakhir yang tampil adalah Zikri.Mahasiswa berpenampilan kalem ini antusias membuat kreasi cake yang diberi judul Bitter Scotch Cake.
Sementara itu, menurut Chef Renny Savitri, sejak hari pertama, Rabu (26/06/2019), durasi ujian praktik secara individual di Kitchen Pastry 3, Lantai 2 Graha Tristar itu dipatok 2,5-3 jam, sejak persiapan bahan, memproses hingga mem-plating hasil kreasi cakes tersebut.
”Hasil kreasi masakan mahasiswa itu dinilai tim juri beranggotakan tiga dosen. Kriteria penilaiannya meliputi tiga aspek, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan,” kata Chef Renny, sapaan akrab Dosen Pengajar Pastry Class tersebut kepada kru www.culinarynews.info, di ruang kerjanya.
Dari tujuh kreasi cakes yang disajikan di meja uji, ada salah satu kreasi mahasiswa, yakni Blueberry Mousse Cake with Shinie Mirror Glaze yang dipersembahkan Jerry Rio Prakoso, menarik perhatian tim juri yang terdiri dari Hardhita Kusdharyanto, Chef Nadya Ratri dan Chef Renny Savitri, karena tampilannya di atas rata-rata.
Tak salah jika cake hasil kreasi Jerry, sapaan akrab Jerry Rio Prakoso diapresiasi oleh tim juri karena keberaniannya tampil beda saat final exam hari terakhir. Keputusannya memanfaatkan glazing mirror, bahan pengkilap untuk menghias permukaan cake, sehingga cake-nya tampil mengkilap seperti kaca (mirror), akhirnya berbuah manis.
”Saya tidak mempermasalahkan besaran subsidi uang belanja dari pihak Akademik sebesar Rp 50 ribu per orang, senyampang kreasi cake yang saya buat diapresiasi oleh tim juri, saya sudah senang. Apalagi kalau sampai meraih nilai tertinggi, Tentu amazing banget,”  ujar Jerry, di dampingi soulmate-nya Septian Hadriatmo.
Sementara itu, Chef Renny Savitri mengatakan, final exam yang mengangkat tema Cakes Creation antara lain bertujuan untuk mengukur sejauh mana atensi mahasiswa, setelah mereka dikenalkan teknik dasar membuat cakes hingga diajarkan cara menghias cakes kekinian di Kitchen Graha Tristar Surabaya.
Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar