twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 14 Oktober 2019

Dari Ujian Praktik Buat Aneka Kreasi Cakes Kekinian - Mahasiswa Advanced Pastry Class Persembahkan ”Kopyor Cake, Brownies Mousse Oreo & Stacked Mariam Pizza”

Dari Ujian Praktik Buat Aneka Kreasi Cakes Kekinian

Mahasiswa Advanced Pastry Class Persembahkan ”Kopyor Cake, Brownies Mousse Oreo & Stacked Mariam Pizza”
 
SETELAH dibekali cara membuat delapan kreasi kue (cakes) bertajuk Ramadhan Fiesta 2019, giliran tiga mahasiswa Advanced Pastry Class Akpar Majapahit, diuji Chef Laurentia Vivi membuat kreasi cake kekinian menurut versi mereka sendiri. Ujian praktik itu sendiri dilaksanakan di Kitchen Pastry 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Selasa (14/05/2019) pagi.

 
Tiga mahasiswa Advanced Pastry Class yang mengikuti ujian praktik membuat kreasi kue Ramadhan pada, Selasa (14/05/2019) pagi itu adalah Merliana Sari (Mei Mei), Dwi Mei Retnowati dan Willyam Mak. Mereka prepare di Kitchen Pastry Graha Tristar sejak pukul 09.00-12.00 WIB.
 
 
Dalam ujian praktik tersebut, Merliana Sari yang akrab disapa Mei Mei fokus membuat cake kesukaannya yakni Kopyor Cake, sedangkan Dwi Mei Retnowati menyiapkan kreasi cake andalannya yang berjudul Brownies Mousse Oreo.
 
 
Sementara itu, Willyam Mak ingin tampil beda dari dua orang koleganya. Willyam, demikian ia akrab disapa, berupaya keras untuk tampil all out ketika mempersiapkan kreasi cake unggulannya, yakni Stacked Mariam Pizza, pada ujian praktik di Kitchen Graha Tristar tersebut.
 
 
Ujian praktik membuat kreasi kue kekinian bertema Ramadhan Fiesta 2019 tersebut durasinya sekitar tiga jam, mulai pukul 09.00-12.00 WIB. Dalam ujian itu ada tiga kriteria penilaian yang mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan rasa.
 
 
Oleh karena itu, masing-masing peserta ujian diminta tampil all out untuk membuat kreasi cake kekinian bertema Ramadhan  Fiesta 2019 yang terbaik dari aspek tampilan & kreativitas, tekstur dan rasanya. Tak pelak lagi jika setiap peserta berupaya tampil sebaik mungkin saat prepare, mengolah produk pastry hingga mem-plating hasil kreasinya tersebut di Kitchen Graha Tristar Surabaya.
 
 
Menurut Chef Laurentia Vivi S.Pd., M.MPar., tiga mahasiswa Advanced Pastry Class ini diuji membuat kreasi cake bertema Ramadhan Fiesta 2019 menurut versi mereka sendiri, setelah sebelumnya mahasiswa dibekali delapan resep cakes kekinian di Kitchen Graha Tristar Surabaya.
 
 
”Jika pada pertemuan hari pertama, Rabu (08/05/2019) hingga Jumat (10/05/2019) pekan lalu, enam kreasi cakes kekinian yang dipersembahkan mahasiswa berasa manis (sweet), namun pada praktik hari ini, Senin (14/05.2019), dua kreasi cakesRendang Cup Bread dan Steam Lasagna-- yang kami praktikkan bersama mahasiswa rasanya cenderung gurih (savoury),” terang Chef Laurentia Vivi kepada kru www.cilunarynews.info di ruang kerjanya, kemarin.
 
 
Sebelumnya, pada pertemuan hari ketiga, Jumat (10/05/2019), mahasiswa Advanced Pastry Class diajarkan cara membuat dua resep cakes Ramadhan dengan tampilan kekinian, yakni Banana Tapai Klappy dan Cendol Tapai Proll, yang manis rasanya (sweet).
 
 
Sedangkan pada tatap muka hari kedua, Kamis (09/05/2019), mahasiswa Advanced Pastry Class kembali dibekali oleh Chef Laurentia Vivi, teknik membuat dua kreasi cakes yang berbeda, yakni Cheese Khamir dan Umm Ali Sweet.
 
 
Sementara itu pertemuan hari pertama, Rabu (08/05/2019) pagi, pekan lalu, tiga mahasiswa Advanced Pastry Class diajarkan membuat dua kreasi cakes yang bertajuk Ramadhan Fiesta 2019, yakni Durian Dessert Box dan Lemon Choco Dessert Box di Kitchen Graha Tristar Surabaya.
 
 
Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Advanced Pastry Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar