twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 21 Oktober 2019

Praktik Bartending & Barista di Grand Darmo Suite Surabaya - Mahasiswa Culinary Class Tristar Institute Kaliwaron Belajar Meracik Minuman di Grand Darmo Suite Surabaya

Praktik Bartending & Barista di Grand Darmo Suite Surabaya

Mahasiswa Culinary Class Tristar Institute Kaliwaron Belajar Meracik Minuman di Grand Darmo Suite Surabaya
PADA hari Selasa (25/06/2019) sore, 15 mahasiswa Culinary Class Tristar Institute Kaliwaron di dampingi Dosen Mata Kuliah Bartending Tristar Group, Yoseph Agung Priyo Widodo, mengikuti kunjungan industri untuk belajar meracik minuman (Bartending dan Barista) di Majapahit Room Grand Darmo Suite Hotel Jl. Progo 1-3 Surabaya.

Kedatangan rombongan mahasiswa Culinary Tristar Institute Kaliwaron yang berkampus di Jl. Raya Kaliwaron No. 58-60 Surabaya sore itu disambut oleh Captain Leader Rama-Rama Longue & Bar Grand Darmo Suite Surabaya Angga, Bartender Rizky dan Sinu Ika Putra, Sales Executive Grand Darmo Suite Hotel di lobi hotel.
Sebelum praktik meracik minuman beralkohol (Cocktail), non-alkohol (Mocktail) dan kopi (Barista), mahasiswa dibagi dua kelompok (masing-masing beranggotakan 9-10 orang) diajak tour hotel lebih dulu oleh tim dari Sales & Marketing Grand Darmo Suite Surabaya.
Mereka dikenalkan fasilitas kamar hotel mulai Deluxe Room dengan luasan 32 m2 di lantai 11 dan Executive Room dan Penthouse di lantai 15. Secara keseluruhan hotel bintang empat tersebut mengoperasikan 73 kamar termasuk Penthouse yang luasnya 64 m2. Tarifnya mulai Rp 1,2 jutaan hingga Rp 3 jutaan ++ per malam.
Selain showing ke kamar hotel, mahasiswa juga diajak melihat fasilitas hotel yang lain seperti Meeting Room (Airlangga, Jenggala dan Brawijaya), Rest Room, Angling Darmo Restaurant, Main Kitchen dan Swimming Pool & Gym di Lantai 2 Grand Darmo Suite Surabaya.
Usai tour hotel selama 15 menitan, rombongan kembali ke Majapahit Room di Lantai 2 Grand Darmo Suite Surabaya, untuk mengikuti acara inti yakni Basic Beverage Knowledge & Beverage Practice yang dipandu langsung oleh Captain Leader Rama-Rama Longue & Bar Angga.
Dalam kesempatan itu, Angga me-refresh kembali ingatan mahasiswa tentang Basic Beverage Knowledge yang sudah diajarkan kepada mahasiswa Culinary Class Tristar Institute Kaliwaron di bangku kuliah, mulai Alcoholic Beverage, Non-Alcoholic Beverage hingga Barista.
Angga juga menyinggung tentang cara pembuatan dan aneka jenis minuman beralkohol (Alcoholic Beverage) yang beredar di pasaran sampai saat ini, mulai Beer, Layer Beer, Stout, Pilsener, Wine, Aromatized Wine hingga macam-macam Spirit.
Usai dijelaskan seputar Basic Beverage Knowledge, giliran selanjutnya Captain Leader Rama-Rama Longue, Angga dan Rizky, asistennya, tampil untuk mempraktikkan cara meracik minuman baik cocktail maupun mocktail di hadapan mahasiswa Tristar Institute Kaliwaron.

Resep minuman pertama (non alkohol) dengan metode layering yang diajarkan kepada mahasiswa adalah Summer Brezze (Mocktail), selanjutnya meracik dua minuman beralkohol dengan metode muddling yakni Mojito dan Long Island (Cocktail) dan terakhir praktik Barista membuat kopi hitam (Espresso) dan Cappuccino sekaligus diajarkan langsung teknik menghias kopi, Latte Art.
Usai melihat aksi Angga meracik empat jenis minuman di Majapahit Room, giliran mahasiswa diminta tampil sendiri-sendiri meracik minuman sesuai passion-nya baik Cocktail, Mocktail atau Barista dengan dipandu langsung oleh Captain Leader Rama-Rama Longue & Bar tersebut bersama Bartender Rizky.
Jonathan dan Ega Pryswati, misalnya, tertarik belajar meracik kopi dengan sentuhan Latte Art yang dipandu langsung oleh Captain Leader Rama-Rama Longue & Bar Angga, sedang Lindawati, Hari SP dan beberapa mahasiswa lainnya diajarkan meracik Long Island dan Tequila (Cocktail) oleh Bartender Rizky.
Setelah praktik meracik minuman selama dua jam di Majapahit Room, acara berikutnya adalah makan bersama yang dikemas ala prasmanan di Angling Darmo Restaurant. Menu makan malam itu mulai Appetizer, Soup, Main Course dan diakhiri dengan sajian menu penutup (Dessert) andalan dari  Grand Dramo Suite Surabaya.
Dalam kesempatan terpisah, Dosen Bartending Tristar Group Yoseph Agung Priyo Widodo mengatakan, secara umum pembelajaran di industri tersebut bertujuan untuk lebih mendekatkan diri mahasiswa dengan dunia kerja di industri perhotelan. Hal ini sekaligus untuk membandingkan antara teori dan praktik di kelas dengan praktik nyata di dunia kerja.
Oleh karena itu, dalam demo meracik minuman di Majapahit Room Lantai 2 Grand Darmo Suite Surabaya tersebut, semuanya mengacu pada standard operational procedure (SOP) di industri perhotelan. Dengan demikian, pembelajaran langsung di sini besar manfaatnya bagi mahasiswa yang ingin berkarier di sebuah hotel berbintang,” pungkasnya.
Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Group Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar