twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 02 Oktober 2019

Belajar Teknik Dasar Pengolahan Kue Bersama Chef Vivi - Gelar Baking Demo Buat ”Cheese Tapai Cake & Ferment Cassava Cake” di Kitchen Pastry Graha Tristar

Belajar Teknik Dasar Pengolahan Kue Bersama Chef Vivi

Gelar Baking Demo Buat ”Cheese Tapai Cake & Ferment Cassava Cake” di Kitchen Pastry Graha Tristar

PADA pertemuan hari kedua, Selasa (16/04/2019) siang, pekan lalu, Chef Laurentia Vivi S.Pd., M.MPar giliran menggelar baking demo untuk membuat Cheese Tapai Cake dan Ferment Cassava Cake, di hadapan 20 mahasiswa Pastry Akpar Majapahit Kelas Siang. Semester II Baking demo itu sendiri dihelat di Kitchen Pastry 1, Lantai 2, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.
Tatap muka hari kedua itu merupakan bagian dari rangkaian kegiatan mahasiswa Pastry Class selama empat kali pertemuan belajar teknik dasar pengolahan kue (cake). Selama empat kali tatap muka tersebut, mahasiswa Pastry Class diajarkan membuat 12-an resep kue ditambah dua resep lagi persembahan dari Chef Vivi saat baking demo.
Saat menggelar baking demo, Dosen Pengajar Pastry Class itu kembali menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang teknik dasar pengolahan aneka produk kue serta metode-metode yang ada, termasuk bagaimana cara mengkreasi tapai dari singkong (cassava fermentation) menjadi kue yang berasa enak dan harum aromanya.
Saat mendemonstrasikan cara membuat Cheese Tapai Cake dan Ferment Cassava Cake di Kitchen Pastry Graha Tristar, aksi ciamik Chef Vivi diatensi oleh anak didiknya, sejak proses menyiapkan bahan untuk membuat adonan, meng-oven hingga mem-plating dua produk kue tersebut sebelum disajikan di atas meja.
Dua resep cake berbasis tapai dari hasil fermentasi singkong itu tidak tersedia di Buku Ajar (Silabus) yang dibagikan kepada mahasiswa, karena resep tersebut merupakan hasil kreasi Dosen Pengajar sendiri. Mahasiswa pun antusias mencatat dua resep kreasi kue berbasis tapai yang di-share oleh Chef Laurentia Vivi.
Sehari sebelumnya, tepatnya Senin (15/04/2019) siang, 20 mahasiswa Pastry Akpar Majapahit Kelas Siang diajarkan Chef Vivi cara membuat empat resep kue, yakni Chocolate Butter Cake, Rum Chocolate Cake, Pandan Vla Roll Cake dan English Cake di Kitchen Pastry Graha Tristar Surabaya. Empat resep kue itu tersaji di Buku Ajar (Silabus) yang telah dibagikan kepada mahasiswa.
Selanjutnya pada tatap muka hari ketiga, Kamis (18/04/2019) siang, mahasiswa Pastry Kelas Siang, kembali diajarkan membuat empat resep cake yang berbeda, yakni Pandan Chocolate Pound Cake, Vanilla Chocolate Butter Cake, Blueberry Cake dan Cappuccino Cream Cake.
”Sementara itu pada pertemuan hari terakhir, Selasa (23/04/2019) siang, giliran mahasiswa diajarkan Chef Otje cara membuat empat kreasi cake yakni Cheese Brownies, Fruit Chocolate Gateaux, Mandarin Cake dan Pudge Cake,” kata Laurentia Vivi S.Pd., M.MPar, Dosen Pengajar Pastry Akpar Majapahit kepada kru www.culinarynews.info, di ruang kerjanya, pekan lalu.
Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar