twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 20 Oktober 2019

Belajar Teknik Menghias Kue Spesial Bersama Chef Vivi - Dari Kitchen Graha Tristar, Mahasiswa Pastry Class Persembahkan Animal Cake, Tutti Fruttie dan Succulent Cake

Belajar Teknik Menghias Kue Spesial Bersama Chef Vivi

Dari Kitchen Graha Tristar, Mahasiswa Pastry Class Persembahkan Animal Cake, Tutti Fruttie dan Succulent Cake

DARI Kitchen Pastry Graha Tristar Surabaya, 20 Mahasiswa Pastry Akpar Majapahit Kelas Siang Semester II yang dibimbing Chef Laurentia Vivi S.Pd., M.MPar., mempersembahkan Animal Cake (Cat Cake dan Peacock Cake),  Tutti Fruttie (Tea Time dan Tutti Fruttie) dan Succulent Cake (Succulent Cake dan Succulent Cup Cake).

Enam tampilan cakes kekinian itu merupakan hasil kreasi mahasiswa Pastry Class,  ketika mereka praktik Teknik Menghias Kue Spesial di Kitchen Pastry Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Jumat (14/06/2019) siang.
Pada pertemuan hari kedua, Jumat (14/06/2019) siang itu, mahasiswa diajarkan cara membuat Animal Cake (dikreasi jadi dua varian yakni Cat Cake dan Peacock Cake), Tutti Fruttie (dua varian yakni Tutti Fruttie dan Tea Time) dan Succulent Cake (dua varian yakni Succulent Cake dan Succulent Cup Cake).
Seperti pada tatap muka hari pertama, Kamis (13/06/2019) pagi itu, Dosen Pengajar bersama anak didiknya langsung praktik membuat tiga resep cakes spesial yakni Animal Cake, Tutti Fruttie dan Succulent Cake, seperti yang tersaji di dalam Buku Ajar (Silabus) yang sudah dipegang mahasiswa.
Tiga kreasi cakes spesial itu adalah Animal Cake (dikreasi menjadi dua varian), Tutti Fruttie (dua varian) dan Succulent Cake (dua varian). Untuk memudahkan pekerjaan di kitchen, maka  20 mahasiswa Pastry Class Akpar Majapahit itu dibagi menjadi enam kelompok, masing-masing beranggotakan 2-4 orang.
Untuk membuat Animal Cake, minimal ada tiga tahapan pekerjaan, yakni (1). Membuat Vanilla Sponge, (2). Menyiapkan Royal Icing-nya dari icing sugar, lemon/lime juice/vinegar, egg white dan (3). Menghias cake itu dengan karakter Cat (Kucing) dan Peacock (Burung Merak) yang kemudian kue spesial itu diberi titel Cat Cake dan Peacock Cake.
Selanjutnya, Chef Vivi juga berbagi ilmu membuat Tutti Fruttie (yang dikreasi menjadi dua varian yakni Tea Time dan Tutti Fruttie). Sedikitnya juga ada tiga tahapan pekerjaan yang dilakukan mahasiswa, yakni (1). Membuat Vanilla Sponge, (2). Menyiapkan Filling-nya berupa strawberry jam dan (3). Menghias cake itu dengan tampilan warna warni yang cantik dan menarik.
Kreasi cake yang ketiga adalah Succulent Cake. Untuk membuat Succulent Cake (yang juga dikreasi menjadi dua varian, yakni Succulent Cake dan Succulent Cup Cake), sedikitnya ada tiga tahapan pekejaan yang harus dilalui, mulai (1). Membuat Vanilla Sponge dan Cup Cake (2). Menyiapkan Filling dari strawberry jam atau chocolate dan (3). Menghias cake tersebut dengan topping berupa butter cream aneka warna.
”Pekerjaan menghias dua varian Succulent Cake (Succulent Cake dan Succulent Cup Cake) ini disesuaikan dengan suasana gurun yang memang banyak ditumbuhi aneka jenis kaktus (succulent),” kata Chef Vivi saat mendampingi anak didiknya, Donny, Aditya, Rosy dan Sindy, menghias cake dengan aneka jenis succulent.
Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar