twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 09 Oktober 2019

Dari Ujian Praktik Masak Modern Gastronomy Bersama Chef Della - Dari Kitchen Graha Tristar, Mahasiswa Advanced Culinary Class Persembahkan Tiga Kreasi Masakan ”Western Food”

Dari Ujian Praktik Masak Modern Gastronomy Bersama Chef Della

Dari Kitchen Graha Tristar, Mahasiswa Advanced Culinary Class Persembahkan Tiga Kreasi Masakan ”Western Food”  
 
MAHASISWA Advanced Culinary Class Akpar Majapahit diuji membuat aneka kreasi masakan Westen Food menurut versi mereka sendiri. Proses memasaknya sendiri menggunakan teknik Modern Gastronomy, seperti yang diajarkan Chef Adeline Nadya Daniel M.MPar., Dosen Culinary Akpar Majapahit. Ujian praktik masak itu dihelat di Kitchen Culinary 3, Lantai 3 Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Selasa (30/04/2019) pagi.
Ujian praktik masak Modern Gastronomy pagi itu diikuti tiga mahasiswa Advanced Culinary Class. Mereka yang maju ujian praktik adalah Hatmadi Ismu S., Wahyu Trisna Ardi dan Edric Wilbert Tjoa.
Hatmadi antusias membuat kreasi masakan Western yang  diberi nama Egg Benedict, sedangkan Wahyu fokus untuk masak Chicken with Spaghetti dan Edric sendiri tampil all saat menyiapkan masakan andalannya bertitel Chicken Crushed Nut.
Untuk mengempukkan daging sapi maupun daging ayam saat masak Egg Benedict, Chicken with Spaghetti dan Chicken Crushed Nut, baik Hatmadi, Wahyu maupun Edric tidak memasak daging tersebut di dalam SousVide, melainkan direbus secara konvensional di atas stove.
Namun pendekatan Modern Gastronomy yang dilakukan mahasiswa Advanced Culinary Class itu ditunjukkan saat membuat Sphere untuk masakan Chicken with Spaghetti yang dikreasi oleh Wahyu Trisno Ardi dan Caviar pada masakan Egg Benedict yang dibuat Hatmadi Ismu S.
Begitu juga dengan Edrict Wilbert Tjoa juga menyulap daging ayam dibentuk mirip sosis yang berwarna merah cerah, setelah mendapatkan sentuhan Bit Puree pada teknik masak Modern Gastronomy.
Kreasi masakan Western Food dengan sentuhan teknik Modern Gastronomy yang ditampilkan tiga mahasiswa Advanced Culinary Class ini terlihat beda banget dengan masakan konvensional yang biasa disajikan sebelumnya.
Hal ini sangat beralasan karena sebelum diuji membuat kreasi masakan (food creations) menurut versi mahasiswa sendiri, tiga mahasiswa Advanced Culinary Class ini telah dibekali membuat delapan menu masakan Western Food oleh Chef Della, sapaan akrab Adeline Nadya Daniel.
Menurut Chef Della, sebelum diuji membuat kreasi makanan secara individual di Kitchen Culinary 3, Lantai 3 Graha Tristar, Selasa (30/04/2019), kemarin, mahasiswa Advanced Culinary Class telah dibekali delapan menu masak Western Food dengan teknik masak Modern Gastronomy, selama empat kali tatap muka.
Pada tatap muka hari pertama, Rabu (24/04.2019), pekan lalu, Chef Della berbagi ilmu dengan anak didiknya praktik membuat Tuna Tzatziki dan Smoked Salmon with Tomato BBQ Sauce. Untuk buat Tuna Tzatziki, misalnya, ada empat tahapan yakni membuat tzatziki mousse, black garlic yoghurt, menyiapkan cucumber caviar dan terakhir membuat croton-nya.
”Sementara itu, untuk memasak Smoked Salmon with BBQ Sauce, tahapan pekerjaan yang harus dlakoni mahasiswa adalah membuat sauce dan grilled vegetables,” kata Chef Della kepada anak didiknya.
Selanjutnya pada pertemuan hari kedua, Kamis (25/04/2019) pagi, Chef Della kembali sharing ilmu dengan mahasiswa Advanced Culinary Class seputar teknik masak Fish & Triple Chips dan Ravioli with Mushrooms.
Untuk masak Fish & Triple Chips, tahapan pekerjaannya yakni membuat chips, masak fish dan menyiapkan tartare sauce. Sementara itu, untuk masak Ravioli with Mushrooms maka tahapan pekerjaan yang dijalani mulai membuat fresh pasta dan menyiapkan sauce-nya.
Pada tatap muka hari ketiga, Jumat (26/04/2019) pagi, mahasiswa Advanced Culinary Class giliran praktik masak membuat Chicken Ballotine dan Meat Fruit. Untuk memasak Meat Fruit, maka tahapan pekerjaannya adalah menyiapkan glaze-nya dan gelatin + glucose.
Sementara itu untuk membuat Chicken Ballotine, tahapan pekerjaan yang dilalui adalah membuat ballotine, kemudian menyiapkan capsicum & carrot puree, membuat sauce dan terakhir menyiapkan thickening-nya.
Sedangkan pada pertemuan hari terakhir, Senin (29.04/2019) pagi, Chef Della kembali mengajarkan teknik masak Tomato Platter dan Steak Breakfast dengan pendekatan Modern Gastronomy di Kitchen Graha Tristar.
Untuk masak Tomato Platter, ada beberapa tahapan pekerjaan yang dijalani yakni membuat parmesan foam, dehydrated tomato, roasted cherry tomato, membuat tomato & onion jam dan terakhir menyiapkan balsamic reduction.
Sementara itu untuk masak Steak Breakfast dengan sentuhan Modern Gastronomy, maka tahapan pekerjaan yang harus dilakoni adalah menyiapkan beef steak, potato hash brown, sautéed mushroom, membuat spinach puree, menyiapkan parmesan tuile, spinach chips dan terakhir membuat hollandaise-nya.
Ujian praktik masak Western Food dengan teknik Modern Gastronomy yang dihelat pada Selasa (30/04/2019), kemarin pagi, durasinya sekitar tiga jam, mulai dari pukul 09.00 hingga pukul 12.00 WIB, sedangkan kriteria penilaiannya sendiri meliputi aspek Plating & Creativity (Kreativitas dan Penampilan), Texture (Tekstur) dan Taste (Citarasa). 
”Melalui mata kuliah Modern Gastronomy ini, saya mengajak mahasiswa untuk belajar memadukan ilmu fisika dan kimia makanan sehingga terciptalah kreasi memasak makanan dengan tampilan dan citarasa yang berbeda daripada cara-cara masak secara konvensional,” tandas Chef Della.
Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan sisik melik program Advanced Culinary Class di Kampus Akpar Majapahit, Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, silakan Anda menghubungi Telp. (031) 8433224-25, 8480823, Faksilimi (031) 8432050, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar