twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 15 Oktober 2019

Belajar Masak Vegetarian Food Bersama Chef Nadya Ratri Aryani - Mahasiswa Advanced Culinary Class Praktik Masak Dua Menu Vegetarian, Chicken Kung Pao & Beef Black Pepper Sauce, di Kitchen Graha Tristar

Belajar Masak Vegetarian Food Bersama Chef Nadya Ratri Aryani

Mahasiswa Advanced Culinary Class Praktik Masak Dua Menu Vegetarian, Chicken Kung Pao & Beef Black Pepper Sauce, di Kitchen Graha Tristar
 
SEHARI jelang dilaksanakannya ujian tulis pada Rabu (15/05/2019), Chef Nadya Ratri Aryani S.Pd., M.MPar., masih membakali anak didiknya, mahasiswa Advanced Culinary Class Akpar Majapahit, praktik masak dua menu vegetarian, yakni Chicken Kung Pao dan Beef Black Pepper Sauce di Kitchen Culinary 3, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Selasa (14/05/2019) pagi.
 
Mahasiswa Advanced Culinary Class Akpar Majapahit yang mengikuti praktik masak dua menu vegetarian bersama Dosen Pengajar Indonesian Vegetarian Food, Chef Nadya Ratri itu adalah Edric Wilbert Tjoa dan Wahyu Trisna Ardi, sedangkan Hatmadi Ismu S., berhalangan hadir.
 
Setelah memberikan pengarahan seputar teknik masak kedua menu vegetarian tersebut, Chef Nadya Ratri, memberi tugas Edric untuk memasak Chicken Kung Pao, sedangkan Wahyu kebagian tugas membuat Beef Black Pepper Sauce, di Kitchen Graha Tristar Surabaya. Praktik masak menu vegetarian (vegan) ini merupakan tatap muka hari keempat, yang dilaksanakan pada Selasa (14/05/2019) pagi.
 
Daging ayam untuk masak Chicken Kung Pao merupakan daging sintesis yang terbuat dari hasil olahan gluten dan tahu. Begitu juga daging sapi untuk membuat Beef Black Pepper Sauce, adalah daging sintetis yang terbuat dari gluten dan tahu, yang diolah sedemikian rupa sehinggga tekstur dan rasanya seperti daging sapi.
 
 
Sedangkan untuk bembunya sendiri, baik menu Chicken Kung Pao maupun Beef Black Pepper Sauce relatif sama. Pasalnya, menu vegetarian ini lebih menonjolkan bahan masakannya asal bukan daging (ayam, sapi, kambing atau ikan), sehingga cocok banget untuk menu diet dan lebih khusus lagi untuk melayani konsumen vegetarian food yang mendambakan menu masakan sehat dan menyehatkan tubuh.
 
 
Sekadar informasi, jika pada pertemyan hari pertama, Kamis (09/05/2019), pekan lalu, mahasiswa Advanced Culinary Class diajarkan membuat dua resep masakan Indonesian Vegetarian Food yakni Gluten (bahan dasar untuk menbuat daging ayam, daging sapi, usus atau ikan sintetis) dan Veggie Fish.
 
Sedangkan pada tatap muka hari kedua, Jumat (10/05/2019) pagi, Chef Nadya Ratri kembali mengajarkan teknik membuat dua menu masakan Indonesian Vegetarian Food yakni Soto Betawi dan Sate Usus, di mana daging ayam (daging sapi) dan usus sintetis itu dikreasi dari gluten yang telah disiapkan sebelumnya.
 
 
Sementara itu pada pertemuan hari ketiga, Senin (13/05/2019) pagi, mahasiswa Advanced Culinary Class diajarkan  cara membuat dua menu masakan Indonesian Vegetarian Food yang berbeda, yakni Ikan Padeh dan Ikan Asam Manis, di mana daging ikannya bukan ikan sungguhan, melainkan bahannya dikreasi dari tahu (kedelai).
 
”Sedangkan pada tatap muka hari terakhir, Rabu (15/05/2019) pagi, mereka tidak kami uji membuat kreasi masakan (food creations) menurut versi mahasiswa sendiri, melainkan hanya ujian tulis di kelas karena waktunya bertepatan dengan masa puasa di bulan suci Ramadhan,” pungkasnya.
 
 
Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Advanced Culinary Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar