twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 16 Oktober 2019

Belajar Masak Package Foods bersama Chef Yenata Candra - Mahasiswa Advanced Culinary Class Praktik Buat Enam Kreasi ”Package Foods” di Kitchen Graha Tristar

Belajar Masak Package Foods bersama Chef Yenata Candra 

Mahasiswa Advanced Culinary Class Praktik Buat Enam Kreasi ”Package Foods” di Kitchen Graha Tristar
 
SEPEKAN jelang masa liburan Idul Fitri 2019, mahasiswa Advanced Culinary Akpar Majapahit, masih dibekali praktik masak membuat aneka kreasi Package Foods oleh Chef Yenata Candra. Praktik masak itu sendiri dihelat di Kitchen Culinary 3, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, mulai Kamis (23/05/2019) hingga Selasa (28/05/2019).

 
 
Mahasiswa Advanced Culinary Class Akpar Majapahit yang belajar masak aneka kreasi Package Foods bersama Chef Yenata Candra adalah Edric Wilbert Tjoa, Hatmadi Ismu S dan Wahyu Trisna Ardi. Mereka antusias diajarkan membuat enam kreasi Package Foods mulai Chef’s Salad with Thousand Island Dressing, Caesar Salad hingga Grilled Chicken with Mushroom Sauce.
 
 
Setelah dibekali pengetahuan praktis seputar Package Foods, seperti perbedaan antara Ready to Eat (RTE) dengan Ready to Cook (RTC), pengetahuan seputar kemasan produk yang bertujuan untuk mengedepankan aspek hygiene, juga untuk membuat tampilan produknya menjadi semakin cantik dan menarik.
 
 
Kalau RTE itu merupakan kemasan produk yang siap dimakan seperti salad buah dan sayur, sandwich dan yang lainnya, sedangkan RTC merupakan kemasan produk setengah jadi (setengah proses), sehingga harus dimasak lebih lanjut untuk bisa dikonsumsi. 
 
 
Contoh kemasan produk RTC antara lain Samosa, Lumpia, Resoles, Frozen Foods (Nugget, Sosis, Penthol Bakso, Siomay) hingga Cordon Bleu. Cordon Blue bentuknya berupa tepungan (blended). Jadi untuk bisa dimakan maka konsumen tinggal menggorengnya saja.
 
 
Dalam kesempatan itu, Chef Yenata Candra juga menyinggung tentang material kemasan produk yang masuk kelompok food grade berupa plastik yang ramah lingkungan dan aman bagi makanan itu sendiri. 
 
 
”Karena itu, penggunaan sterrofoam untuk wadah makanan sekarang mulai ditinggalkan dan beralih ke comvert pack (foods pack) yang relatif aman. Kehadiran foods pack itu tentunya sudah mengacu pada Hazard Analysis & Critical Control Points (HACCP),” terang Chef Yenata di ruang kerjanya, Kamis (23/05/2019), pekan lalu.
 
 
Sementara itu penggunaan wadah bento box (cetakan plastik yang tutupnya transparan), pada package foods itu sendiri selain memberi kesan mewah dan berkelas, juga hygiene, healthy dan good quality.
 
 
Pada praktik masak membuat Package Foods, teknik membuat salad dressing yang pas dari sisi liquidity (kekentalan)-nya menjadi titik krusial. Jangan sampai salad dressing yang Anda buat keenceran atau kekentalan. Begitu juga saat Anda membuat thousand island sauce, rasa agak pedasnya juga harus terasa.karena ada penambahan tabasco (chili sauce). 
 
 
Dengan memperhatikan berbagai aspek tersebut di atas, maka package foods itu bisa dibawa camping karena bisa tahan 1x24 jam masih layak konsumsi. Pasalnya, salad di dalam bento box itu kemasannya bebas udara dan tidak berembun. 
 
 
Pada pertemuan hari pertama, Kamis (23/05/2019) pagi, mahasiswa Advanced Culinary Class Akpar Majapahit diajarkan Chef Yenata Candra teknik membuat Chef’s Salad with Thousand Island Dressing dan Caesar Salad.
 
Sementara itu pada tatap muka hari kedua, Jumat (24/05/2019) pagi, Chef Yenata berbagi ilmu dengan anak didiknya cara membuat Spinach & Cream Cheese Ravioli, sedangkan pada pertemuan hari berikutnya, Senin (27/05/2019) pagi, mahasiswa Advanced Culinary Class dibekali teknik membuat Penne with Cream Mushroom Sauce.
 
 
 
”Selanjutnya pada tatap muka hari terakhir, Selasa (28/05/2019) pagi, mahasiswa kami ajarkan cara membuat Grilled Chicken with Mushroom Sauce, sesuai Buku Ajar (Silabus) yang sudah dipegang mahasiswa,” kata Chef Yenata Candra kepada kru www.culinarynews.info, akhir pekan lalu.
 
 
Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan sisik melik program Advanced Culinary Class di Kampus Akpar Majapahit, Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, silakan Anda menghubungi Telp. (031) 8433224-25, 8480823, Faksilimi (031) 8432050, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar