twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 17 Oktober 2019

Dari Ujian Praktik Masak Buat Aneka Kreasi Package Foods - ”Creamy Three Cheese Spaghetti, Spaghetti & Meat Ball with Marinara Sauce & Fettucini with Grilled Chicken” Persembahan Mahasiswa Advanced Culinary Class

Dari Ujian Praktik Masak Buat Aneka Kreasi Package Foods 


”Creamy Three Cheese Spaghetti, Spaghetti & Meat Ball with Marinara Sauce & Fettucini with Grilled Chicken” Persembahan Mahasiswa Advanced Culinary Class

SETELAH dibekali pengetahuan seputar Package Foods oleh Chef Yenata Candra selama empat hari tatap muka, giliran pada pertemuan hari kelima, Rabu (29/05/2019) pagi, giliran mahasiswa Advanced Culinary Akpar Majapahit, diuji membuat aneka kreasi Package Foods menurut versi mereka sendiri di Kitchen Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Ujian praktik masak membuat kreasi Package Foods diikuti tiga mahasiswa Advanced Culinary Kelas yakni Edric Wilbert Tjoa, Hatmadi Ismu S dan Wahyu Trisna Ardi. Mereka tampil percaya diri membuat tiga kreasi Package Foods di Kitchen Graha Tristar Surabaya.






Pada final exam tersebut, Edric Wilbert Tjoa fokus membuat Creamy Three Cheese Spaghetti. Begitu juga dengan Hatmadi dan Wahyu Trisna Ardi. Harmadi antusias menyiapkan package food yang bernama Spaghetti & Meat Ball with Marinara Sauce, sedangkan Wahyu membuat Fettucini with Grilled Chicken di Kitchen Graha Tristar.



”Durasi ujian praktik masak secara individual itu sekitar 1,5 jam, yang dihitung sejak prepare bahan masakan, memprosesnya dan dipungkasi dengan mem-plating hasil kreasi makanan tersebut dalam wadah bento box,” kata Chef Yenata Candra kepada kru www.culinarynews.info, Rabu (29/05/2019) pagi.


Hasil kreasi masakan mahasiswa tersebut wajib di-plating lebih dulu setelah diletakkan di dalam wadah bento box (cetakan plastik yang tutupnya transparan), sebelum dinilai oleh Dosen Pengajar Package Foods. Penggunaan bento box pada package food sendiri selain memberi kesan mewah dan berkelas, juga hygiene, healthy dan good quality.


Masih menurut Chef Yenata, teknik membuat salad dressing yang pas dari sisi liquidity (kekentalan)-nya menjadi penilaian tersendiri bagi peserta ujian. Jangan sampai salad dressing yang Anda buat keenceran atau kekentalan. Begitu juga saat Anda membuat thousand island sauce, rasa agak pedasnya juga harus terasa.karena ada penambahan tabasco (chili sauce). Secara garis besar, tiga kreasi package foods persembahan dari tiga anak didiknya sudah layak untuk dikomersialkan.


Sementara itu kriteria penilaian kreasi masakan itu tetap mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) di industri perhotelan, yakni penampilan dan kreativitas (plating & creativity), tekstur (texture) dan cita rasa (taste). 


Di sisi lain, Chef Yenata  juga mengajak anak didiknya yang kelak ingin membuat usaha sendiri, misalnya jasa catering, depot atau rumah makan, bisa sharing ilmu dengan dirinya, mulai tahap perencanaan usaha, lokasi bisnis, costing, pemasaran hingga aspek manajemennya.sendiri. ”Kami siap mengantarkan Anda menjadi entrepreneur muda yang sukses di bidang kuliner,” pungkasnya.


Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan sisik melik program Advanced Culinary Class di Kampus Akpar Majapahit, Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, silakan Anda menghubungi Telp. (031) 8433224-25, 8480823, Faksilimi (031) 8432050, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar