twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 03 Oktober 2019

Dari Ujian Praktik Buat Kreasi Pastry di Kitchen Graha Tristar - Pudding Yoghurt dan Pie Spice Tempeh with Ebi, Persembahan Mahasiswa Advanced Culinary Class

Dari Ujian Praktik Buat Kreasi Pastry di Kitchen Graha Tristar

Pudding Yoghurt dan Pie Spice Tempeh with Ebi, Persembahan Mahasiswa Advanced Culinary Class

SETELAH dibekali membuat aneka produk fermentasi selama sepekan di Kitchen Pastry Graha Tristar, giliran selanjutnya dua mahasiswa Advanced Pastry Class Akpar Majapahit diuji Dosen I Food Technology Tristar Group, Chef Rachma Nur Devianti S.TP., M.MPar., membuat kreasi produk pastry menurut versi mereka sendiri, Senin (22/04/2019) pagi.
Dua mahasiswa yang mengikuti ujian praktik membuat kreasi produk pastry tersebut adalah Merliana Sari (Mei Mei) dan Willyam Mak. Ujian praktik masak itu sendiri mengambil tempat di Kitchen Pastri 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.
Sementara itu dua mahasiswa Advanced Pastry Class yang maju ujian praktik, Senin (22/04/2019) pagi, berupaya keras untuk tampil all out demi menghasilkan kreasi produk pastry yang terbaik di hadapan juri.
Mei Mei, misalnya, antusias menyiapkan kreasi produk pastry andalannya yang diberi judul Pudding Yoghurt, sedangkan Willyam mengangkat tema kreasi produk pastrynya yang diberi nama Pie Spice Tempeh with Ebi.
Pudding Yoghurt yang dibuat Mei Mei untuk layer 1-nya berupa pudding yoghurt corn, sedangkan layer 2 berupa chocolate pudding dan layer 3 sekaligus untuk topping-nya berupa starter plain yoghurt dan buah cherry sebagai garnish-nya.
Seakan tidak mau kalah dengan koleganya, Willyam pun ingin berupaya keras untuk tampil all out, saat masak makanan kesukaannya yang diberi titel Pie Spice Tempeh with Ebi yang berasa gurih pedas (savoury).
Saat ujian praktik tersebut, Willyam sibuk menyiapkan adonan untuk membuat Pie-nya, sedangkan filling-nya sendiri berupa Tempe, Ebi (Udang Kering), Irisan Cabai Rawit lengkap dengan spice-nya (bumbu) yang menghasilkan sensasi rasa gurih pedas, kemudian dimasak sampai matang.
Menurut Chef Rachma, sapaan akrab Rachma Nur Devianti, ujian praktik mahasiswa Advanced Culinary Class kali ini temanya bebas sepanjang tidak keluar dari koridor yang telah dipraktikkan sebelumnya di Kitchen Graha Tristar Surabaya, sejak Senin (15/04/2019) hingga Sabtu (20/04/2019), pekan lalu.
Setiap peserta ujian dituntut untuk fokus dengan masakan yang dibuat, demi menghasilkan kreasi makanan yang terbaik, setelah diajarkan membuat 8-10 produk olahan makanan mulai Starter Plain Yoghurt, Tempe, Kecap, Kimchi sampai Ice Cream.
Durasi ujian praktik masak membuat kreasi produk pastry dengan sentuhan Food Technology ini sekitar dua jam, terhitung sejak persiapan bahannya (pukul 09.00 WIB) hingga proses mengolah hingga mem-plating hasil kreasi produk pastry itu untuk disajikan di hadapan dosen penguji (pukul 11.00 WIB).
”Seperti ujian-ujian praktik sebelumnya, ada tiga kriteria penilaian yang dipakai acuan juri yakni tampilan dan kreativitas, tekstur dan cita rasa. Tiga kriteria penilaian itu mengacu pada standar industri perhotelan,” kata Chef Rachma Nur Devianti S.TP., M.MPar., di ruang kerjanya, Senin (22/04/2019) siang.
Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Advanced Culinary Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar