twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 10 Oktober 2019

Belajar FoodTech Bersama Chef Rachma Nur Devianti - Mahasiswa Advanced Culinary Class Praktik Buat Sosis Ekonomis dan Sosis Premium di Kitchen Graha Tristar

Belajar FoodTech Bersama Chef Rachma Nur Devianti

Mahasiswa Advanced Culinary Class Praktik Buat Sosis Ekonomis dan Sosis Premium di Kitchen Graha Tristar

SELAMA sepekan terakhir, tepatnya mulai Kamis (02/05/2019), pekan lalu, hingga Selasa (07/05/2019), mahasiswa Advanced Culinary Class Akpar Majapahit diajarkan membuat delapan produk olahan frozen food kekinian dengan pendekatan Food Technology bersama Chef Rachmat Nur Devianti STP., M.MPar., di Kitchen Culinary Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.
Pada pertemuan hari pertama, Kamis (02/05/2019), pekan lalu, tiga mahasiswa Advanced Culinary Class Akpar Majapahit, Edric Wilbert Tjoa, Hatmadi Ismu S dan Wahyu Trisna Ardi, praktik membuat Corn Nugget (Nugget dari Jagung) dan Chicken Nugget with Mushroom dengan disupervisi langsung oleh Chef Rachma.
Kemudian keesokan harinya, Jumat (03/05/2019) pagi, mahasiswa Advanced Culinary Class kembali diajarkan oleh Chef Rachma, cara membuat Chicken Nugget with Stick (Kaki Naga dari Ayam) dan Fish Nugget (Kaki Naga dari Ikan).
Selanjutnya pada tatap muka hari ketiga, Senin (06/05/2019) pagi, Chef Rachma Nur Devianti berbagi ilmu dengan anak didiknya seputar cara membuat Beef Sausage Premium atau Frankfurter Sausage dan Economic Beef Sausage di Kitchen Graha Tristar Surabaya.
Sedangkan pada pertemuan hari keempat, Selasa (07/05/2019) pagi, tiga mahasiswa Advanced Culinary Class kembali diajarkan cara membuat Economical Chicken Sausage dan  Chicken Fleish Wurst Sausage (Chicken Sausage Premium) di Kitchen Graha Tristar Surabaya.
”Bahan untuk membuat Economical Chicken Sausage, selain menggunakan Daging Ayam dalam jumlah tertentu, juga memperbanyak penggunaan Tepung Tapioka, Tepung Terigu, Modified Starch Ultra Bond (MSUB), Smoke Oil dan Charcoal Powder (Tepung Arang) yang memberi warna kehitaman pada produk sosis hemat tersebut,” kata Chef Rachma kepada kru www.culinarynews.info, di ruang kerjanya, kemarin.
Sementara itu, untuk membuat Chicken Fleish Wurst Sausage (Sosis Premium), tanpa ditambah dengan Charcoal Powder, sehingga tampilan sosis premium itu warnanya putih karena campuran daging ayamnya lebih dominan daripada sosis hemat.
Pada pertermuan hari terakhir, Rabu (08/05/2019) pagi, giliran mahasiswa diuji untuk membuat kreasi makanan (food creations) menurut versi mereka sendiri, dalam ujian praktik masak secara individual, di Kitchen Culinary 3, Lantai 3 Graha Tristar Surabaya.
Hasi kreasi makanan tersebut akan dinilai oleh tim juri dari aspek tampilan dan kreativitas, tekstur dan rasa sesuai Standard, Operation & Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.
Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Advanced Culinary Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar